Dalam kehidupan sehari-hari kata
organisasi sudah sangat tidak asing lagi. Namun mengenai pengertian organisasi ini
banyak sekali pendapat berbeda, hal ini bergantung pada kontek dan perspektif
tertentu seseorang.
Untuk lebih jelas tentang pengertian
tentang pengertian organisasi beberapa
referensi dari beberapa ahli, antara lain :
Menurut Victor A. Thompson; Organisasi adalah suatu integrasi dan
sejumlah spesialis spesialis yang bekerjasama dengan sangat rasional dan
impersonal untuk mencapai tujuan spesifik yang telah dirumuskan sebelumnya.
Menurut Chester I. Barnard; Organisasi adalah suatu system dari
kegiatan kegiatan yang terkoordinasikan sevara sadar atau kekuatan-kekuatan
yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Menurut James D. Mooney ; Definisi organisasi adalah setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Louis A. Allen; Definisi organisasi adalah proses
mengidentifikasi dan mengelompokan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan
serta melimpahkan tanggungjawab dan wewenang dan menyusun hubungan-hubungan
dengan maksud untuk memungkinkan orang bekerja sama secara efektif dalam
mencapai tujuan.
Menurut George Terry ; organisasi berasal dari kata “Organisme”,
yaitu suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi hingga hubungan
mereka satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan hubungan mereka dengan
keseluruhan.
Jadi dari beberapa definisi yang
diuraikan diatas dapat diambil kesimpulan mengenai pengertian Organisasi. Organisasi adalah suatu kelompok manusia
yang terstruktur, terintergrasi dan saling berhubungan yang tergabung dalam
satu wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Unsur-unsur dari organisasi yang
terdiri atas :
a . Ada
dua orang atau lebih.
b . Adanya
maksud untuk bekerjasama
c . Adanya
pengaturan hubungan
d . Adanya
tujuan yang hendak dicapai
Rais, Soenyoto. 2004. Pengelolaan Organisasi.Surabaya;Universitas Airlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar