Selasa, 24 Juli 2012

ORGANISASI (belum selesai)

Dalam kehidupan sehari-hari kata organisasi sudah sangat tidak asing lagi. Namun mengenai pengertian organisasi ini banyak sekali pendapat berbeda, hal ini bergantung pada kontek dan perspektif tertentu seseorang.
Untuk lebih jelas tentang pengertian tentang pengertian organisasi  beberapa referensi dari beberapa ahli, antara lain :
Menurut Victor A. Thompson; Organisasi adalah suatu integrasi dan sejumlah spesialis spesialis yang bekerjasama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai tujuan spesifik yang telah dirumuskan sebelumnya.
Menurut Chester I. Barnard; Organisasi adalah suatu system dari kegiatan kegiatan yang terkoordinasikan sevara sadar atau kekuatan-kekuatan yang terdiri dari dua orang atau lebih.
Menurut James D. Mooney ; Definisi organisasi adalah setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Louis A. Allen; Definisi organisasi adalah proses mengidentifikasi dan mengelompokan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan serta melimpahkan tanggungjawab dan wewenang dan menyusun hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang bekerja sama secara efektif dalam mencapai tujuan.
Menurut George Terry ; organisasi berasal dari kata “Organisme”, yaitu suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi hingga hubungan mereka satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan hubungan mereka dengan keseluruhan.
Jadi dari beberapa definisi yang diuraikan diatas dapat diambil kesimpulan mengenai pengertian Organisasi. Organisasi adalah suatu kelompok manusia yang terstruktur, terintergrasi dan saling berhubungan yang tergabung dalam satu wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Unsur-unsur dari organisasi yang terdiri atas :
a   .       Ada dua orang atau lebih.
b   .      Adanya maksud untuk bekerjasama
c   .       Adanya pengaturan hubungan
d   .      Adanya tujuan yang hendak dicapai
   Rais, Soenyoto. 2004. Pengelolaan Organisasi.Surabaya;Universitas Airlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar